Selasa, 05 April 2011

Tugas Manajer Pemasaran

Tugas Manajer Pemasaran

A. Pengambilan semua keputusan dalam pemasaran meliputi :
- mendefinisikan masalah, harus mengetahui dulu masalahnya dan mampu untuk mengindetifikasikan masalah.
- merumuskan berbagai alternatif, menentukan berbagai cara alternatif penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi.
- menganalisa alternatif, menilai alternatif yang dikumpulkan. Dengan suatu analisa maka manajer diarahkan untuk mengambil kesimpulan yang disertai dengan pernyataan untuk menentukan kebaikan dan keburukannya.
- mengambil resiko penyelesaian dan menyarankan suatu rencana tindakan, meskipun kenyataan, kesempatan dan resiko yang dihadapi sama.

B. Pengambilan Keputusan dengan Marketing Mix meliputi:
harga, promosi dan distribusi
umumnya bahwa semakin besar usaha-usaha yg dikeluarkan dalam marketing mix, akan semakin besar pula penjualannya. tetapi ada batasan atau sesuai dengan porsinya.

C. Model Pengambilan Keputusan meliputi :
- Analisa Pasar
- Memonitor Lingkungan seperti demografi, kondisi prekonomian, sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi dan persaingan
- Menentukan tujuan produk seperti pengembangan investasi, laba dan market share atau volume penjualan.
- Menentukan marketing mix

D. Manajer Pemasaran sebagai proses penjualan produk
- mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
- mengembangkan konsep produk
- menguji berlakunya konsep produk
- membuat design produk
- mengembangkan pembukusan dan merk
- menetapkan harga
- mengatur distribusi
- menciptakan komunikasi pemasaran yg efektif
- memeriksa penjualan
- memperhatikan kepuasan konsumen
- memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran

E. Tanggung Jawab Manajer Pemasaran
- Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
- Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
- Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan
- Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran
- Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi

Pekerjaan Manajer Pemasaran

- Keputusan tentang posisi persaingan produk perusahaan dan pelayanan yang tepat - siapa untuk melayani dalam pilihan pasar dan apa hasilnya – atau berkas-berkas keuntungan - mungkin usulan pelaggan.
- Keputusan tentang produk atau pilihan pelayanan – tepatnya apa sumbangan dengan tanda-tanda dan karakter yang akan membawa perusahaan ke pasaran.
Keputusan tentang kebijakan harga – tepatnya harga yang akan dibayar dari sumbanagn perusahaan pada level lain dalam sistem bisnis sampai konsumsi akhir.
Keputusan tentang kebijakan komunikasi – tepatnya informasi apa yang akan disediakan pasar bagi perusahaan dan sumbangan bagi pelanggang potensial, perubahan dan anggota sistem bisnis yang pantas diberitahukan dan pendekatan melaksanakan bisnis dengan perusahaan.
- Keputusan tentang kebijakan distribusi – tepatnya bagaimana produk perusahaan atau pelayanan sampai ke pemakai akhir, menyediakan pilihan dan komitmen memer lain dari sistem bisnis, siapa yang menanggulangi produk atau rencana layanan dan implementasi sistem logistik secara fisik (truk, dll), elektronika dan lainnya, menggerakan sumbangan perusahaan dimana mereka inginkan.
Pelaksanaan strategi melibatkan tindakan keputusan dalam bentuk pengembangan program, rencana tindakan, budget tahunan dan desain penampilan sistem manajemen dan kriteria. Ini memungkinkan pelaksanan keputusan dan konsekuensi mereka menjadi dimonitor, koreksi tindakan yang menempatkan dimana keperluan dan memastikan belajar secara efektif pada tempatnya.
Pekerjaan manajer pemasaran dalam kontek proses pengembangan produk baru. Catatan perusahaan yang bagus dan pelayanan adalah perkembangan secara menetap. Manajer pemasaran harus memiliki pemahaman penuh mengenai hubungan timbal balik pemasaran dan desain, apresisasi tugas desain kelas satu dalam strategi superior.

Food & beverage Manajemen

MANAJEMEN F&B
(FOOD & BEVERAGE)

Hotel ialah suatu akomodasi yang menggunakan seluruh /sebagian dari pada bangunan untuk pelayanan penginapan ,makanan ,minuman ,dan atribut lainnya dikelola secara konversial. Hotel bersifat statis atau diam oleh sebab itu harus ada yang dapat membuatnya menjadi dinamis yaitu oleh suatu organisasi misalnya front office ,house keeping ,laundry
Dapertemen-dapertemen itu adalah
• FO (front office)
• HK (house keeping)
• F&B (food & Beverage)
• Engenering
• Human resourced
• Loundry
• Pemasaran (marketing)
Dan setiap dapertemen ini mempunyai tujuan yang sama yaitu
• Pelayanan (servis)
• Keuntungan (advantage)
• Nama baik (reputation)
F & B salah satu dapertemen yang mempunyai fungsi / tugas menyiapkan dan melayani makanan dan minuman serta mendatangkan keuntungan dan dikelola secara komersial dan profesional
Banquet = Perjamuan
Tugas dan tanggung jawab F&B Manager yaitu :
• Bertanggung jawab atas keberhasilan operasional di dapertemen F&B
• Selalu meningkatkan kemampuan bawahan
• Seorang F&B man dia selalu mengikuti meeting yang terselenggara secara umum
• F&B man selalu mengkoordinasi dapertemen-dapertemen lain
• Menerima keluhan tamu (apabila tamu mengeluh)
• Menyusun menu bersama Excecutive GM dan F&B Manager
• Menetapkan harga menu (makanan atau minuman)
• Merencanakan pembelian peralatan
Tugas dari Executive Chef mempunyai tanggung jawab :
• Mempunyai tugas dan tanggung jawab atas keberhasilan operasional di Kitchen
• Menyetujui pembelian barang dari Sylver
• Melakukan meeting baik internal maupun umum
• Menyusun menu dan mencobanya
• Menghitung cost dan mengendalikan cost (biaya)
• Menerima keluhan dari tamu
• Menyetujui cuti bawahannya
Tugas-tugas Sauce Chef sebagai pembantu Chef ,maka pengawasan atas section dibebankan kepada Sous chef .Dialah yang bertanggung jawab atas kelancaran pekerjaan di Section ini .
Tugas Sauce chef antara lain:
• Mengawasi pekerjaan Chef de partie dan bagian-bagiannya .
• Mengawasi outlet-outlet Kitchen yang ada .
• Mengawasi pengambilan barang di store .
• Mengawasi pelaksanaan sanitasi dan preparasi .
• Mengawasi portioning di butcher .
• Mengawasi persiapan lunch ,dinner dan banquet secara teknis .
• Mengontrol persiapan makanan cocktail party .
• Sous chef menerima pendelegasian wewenang dari atasannya atas hal-hal yang penting .
• Menggantikan tugas-tugas Chef.
Tugas-tugas Chef de partie :
• Memeriksa daftar hadir di sectionnya .
• Memeriksa produk yang ada di persediaan ,apakah harus ditambah ,membuat yang baru ,dikurangi atau dibuang .
• Memeriksa daftar menu hari ini dan kelengkapan yang diperlukan untuk menu ini.
• Memeriksa pesanan dari shif lain ,section lain atau outlet lain tentang suatu makanan .
• Memeriksa sanitasi ruang dan kebersihannya ,juga alat ,uniform ,keadaan staf-nya
• Memberi briefing harian .
• Menulis request untuk keperluan sectionnya .
• Memberi konfirmasi menu kebagian pemesanan .
• Memimpin produksi breakfast , lunch atau dinner .
• Menerima keluhan tamu dari restoran.
• Mengatasi keluhan dengan cara-cara yang dapat dibenarkan .
• Tugas post-operation ,membuat report , memeriksa order dan membuat evaluasi hari ini .
• Menulis pesan untuk hari selanjutnya .
• Memeriksa saluran ruangan dan peralatan listriknya .
• Menandatangani daftar hadir stafnya .
Tugas Cook Help adalah membantu pekerjaan di section ,dimana pekerjaan itu terlalu berat jika ditangani sendiri oleh cook .Tugas utama seorang cook adalah memasak seenak mungkin .Konsentrasinya akan berkurang kalau juga dibebani tugas lain ,seperti mengambil bahan-bahan di store ,mencuci meja di penyiangan dan pekerjaan kecil lainnya .Oleh sebab itu Cook help harus melakukan semua itu.